Sunday, January 16, 2011

kOnSep UkUrAN....

Di usia 2 sampai 2;6 tahun, batita dapat belajar tentang konsep ukuran (banyak-sedikit, besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah). Selain karena kemampuan bahasanya yang semakin baik, di usia ini kemampuan kognitifnya berada dalam tahap praoperasional (usia 2-6 tahun). Anak dapat mengelompokkan, entah benda, warna, bentuk, maupun ukuran. Salah satunya, mengelompok benda berdasarkan ukuran tertentu, semisal benda kecil dengan benda besar, atau benda panjang dengan benda pendek.

Ia pun dapat diajak menyusun benda berdasarkan urutan sesuai ukuran, namun ia baru bisa merangkaikan dua benda saja. Contoh, tongkat A lebih panjang daripada tongkat B, atau tongkat C lebih panjang daripada tongkat B. Tapi ia belum bisa diminta menyusun sejumlah tongkat dari yang paling pendek sampai yang paling panjang. Karena, ia baru bisa memusatkan satu hubungan pada satu saat dan belum bisa melihat keseluruhan.
Tentunya pemberian stimulasi dilakukan melalui permainan, mengingat usia balita adalah usia bermain. Pilihlah alat permainan yang konkret, dapat diraba, dirasakan dan dicoba sendiri, sehingga memudahkan si batita untuk memahami materi yang dipelajari.

No comments:

Post a Comment